1.Hardware [Kembali]
#include <LiquidCrystal.h> //Deklarasi library LCD
#include <Keypad.h> //Deklarasi library keypad
const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 4; //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3','a'},
{'4', '5', '6','b'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3
{'7', '8', '9','c'},
{'*', '0', '#','d'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom
// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali // Set baris dan kolom LCD
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1, 2);
lcd.setCursor(4, 3);
lcd.setCursor(0, 0); }
void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad
if (key) { //Kondisi pilihan jika keypad ditekan lcd.print(key); //Menampilkan input dari keypad pada LCD } }
#include <Keypad.h> //Deklarasi library keypad
const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris
const byte COLS = 4; //Deklarasi jumlah kolom
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3','a'},
{'4', '5', '6','b'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3
{'7', '8', '9','c'},
{'*', '0', '#','d'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom
// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali // Set baris dan kolom LCD
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1, 2);
lcd.setCursor(4, 3);
lcd.setCursor(0, 0); }
void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad
if (key) { //Kondisi pilihan jika keypad ditekan lcd.print(key); //Menampilkan input dari keypad pada LCD } }
Pada percobaan yang ketiga akan
menampilkan input keypad pada LCD. LCD
adalah suatu jenis media tampilan
yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. Keypad yang digunakan
adalah keypad 4x4 yang artinya keypad memiliki 4 kolom dan 4 baris . Untuk
melakukan percobaan ini kami menggunakan sistem dari arduino.Kaki
analog dari arduino dihubungkan ke LCD, sedangkan kaki keypad dihubungkan ke
digital i/o arduino. Arduino akan memproses data yang ditekan pada keypad dan
ditampilkan pada LCD.LCD yang digunakan lcd.begin(16, 2), artinya LCD yang
digunakan adalah jenis 16x2. Lalu maksud lcd.setCursor( , ) digunakan
untuk menentukan titik awal mula keluarannya, dan if (key) artinya setiap
karakter yang kita inputkan pada keypad akan diproses untuk dikirim pada
arduino.Tombol reset pada arduino berfungsi untuk mereset tampilan karakter
yang telah di buat.
- Download Video [Download]
- Download HTML [Download]
- Download Rangkaian [Download]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar