Laporan Akhir 3


 




 1.Hardware [Kembali]






#include <LiquidCrystal.h> //Deklarasi library LCD 
#include <Keypad.h>          //Deklarasi library keypad 

const byte ROWS = 4;         //Deklarasi jumlah baris 
const byte COLS = 4;           //Deklarasi jumlah kolom 
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3','a'},   
{'4', '5', '6','b'},                         //Inisialisasi keypad matriks 4x3   
{'7', '8', '9','c'},   
{'*', '0', '#','d'} 
}; 

byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris byte colPins[COLS] = {13, 12, 11};   //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom 

// Inisialisasi library dengan pin yang digunakan 
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5); 
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS ); 

void setup() {                                  //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali   // Set baris dan kolom LCD  
 lcd.begin(20, 4);   
lcd.setCursor(1, 2);   
lcd.setCursor(4, 3);   
lcd.setCursor(0, 0); } 

void loop() {                                  //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang   char key = keypad.getKey();       //Membaca keypad 


  if (key) {                                     //Kondisi pilihan jika keypad ditekan     lcd.print(key);                           //Menampilkan input dari keypad pada LCD   } } 



   

Pada percobaan yang ketiga akan menampilkan input keypad pada LCD. LCD
adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. Keypad yang digunakan adalah keypad 4x4 yang artinya keypad memiliki 4 kolom dan 4 baris . Untuk melakukan percobaan ini kami  menggunakan  sistem dari arduino.Kaki analog dari arduino dihubungkan ke LCD, sedangkan kaki keypad dihubungkan ke digital i/o arduino. Arduino akan memproses data yang ditekan pada keypad dan ditampilkan pada LCD.LCD yang digunakan lcd.begin(16, 2), artinya LCD yang digunakan adalah jenis 16x2. Lalu  maksud lcd.setCursor( , ) digunakan untuk menentukan titik awal mula keluarannya, dan if (key) artinya setiap karakter yang kita inputkan pada keypad akan diproses untuk dikirim pada arduino.Tombol reset pada arduino berfungsi untuk mereset tampilan karakter yang telah di buat.








 
  1. Download Video  [Download]
  2. Download HTML [Download]
  3. Download Rangkaian [Download]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar